03/01/13

KKN hari kedua, adaptasi

Event yang sedang saya jalankan hari ini adalah KKN (Kuliah Kerja Nyata). Event yang selalu diadakan setiap semester ini semestinya hanya dilaksanakan pada semester genap saja. Namun, karena peminat pada semester ganjil juga cukup banyak maka diadakanlah pada semester ganjil.
Setiap kelompok ditempatkan di salah satu RW sebuah desa di kecamatan di Bandung dan sekitarnya. Kelompok saya terdiri dari sepuluh orang dan saya sendiri sebagai ketuanya. Saya selalu berusaha terbuka kepada anggota kelompok. Mereka sendiri merasa heran karena saya penggemar Korea, haha. Meski baru semalam kami tidur bersama, namun sudah ada dua orang yang sakit ringan.
Kelompok ini terbilang cukup kompak dan memiliki keinginan. Mereka tidak sulit untuk diajak berdiskusi dan melakukan kegiatan. Saya sebagai ketua hanya bisa mengajak mereka mengikuti kegiatan KKN ini dengan serius tapi santai. KKN kami dilaksanakan di kota Bandung Kecamatan Batununggal Kelurahan Kebon Gedang. Memang bukan kelompok kami saja yang ditugaskan di Kelurahan Kebon Gedang. Ada satu kelompok lagi yang melaksanakan KKN tematik "POSDAYA" dan kebetulan teman sekelas saya menjadi ketua juga. Mungkin karena terkadang jurusan kami disebut sebagai kaum pemikir (mungkin).
Aparat kelurahan cukup baik menerima kami pada hari sebelumya ditemani pembimbing kami. Kami memang belum akrab dengan pembimbing namun kami tidak akan segan untuk bertanya kepada beliau. Daerah yang kami tinggali memang cukup berisik karena terdapat tempat pencucian motor serta merupakan akses jalan alternatif dari flyover (jalan layang). Tapi seakan kebisingan kendaraan dan mesin pembersih menjadi musik ditelinga kami.
Pagi tadi, kami baru memulai adaptasi dan berkunjung ke sejumlah RW dan RT di sekitar wilayah kontrakan. Ternyata Ibu RW sangat ramah terhadap kami dan kami pun tidak ragu untuk bercengkrama bersama beliau. Mungkin karena beliau memiliki anak yang juga pernah mengikuti KKN.
Semoga kelompok kami tetap kompak dan tidak ada masalah yang menghambat kerja kami. Karena kami disini bertekad untuk menggerakan warga agar lebih maju sesuai dengan tema kami yaitu POSDAYA (Pos Pemberdayaan Keluarga).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar