18/07/10

Kegunaan lain dari bahasa Allay

Tak pernah terpikirkan sebelumnya bagi saya mengapa bahasa allay selama ini dihindari oleh saya sendiri malah saya buat sebagai tema utama blog saya kali ini. Bahasa allay kini berguna, terutama dalam pembuatan password tentunya dengan penambahan beberapa trik sehingga hanya perlu mengingat satu password saja.
Tips yang saya berikan yaitu: JANGAN MEMBUAT PASSWORD YANG SAMA UNTUK SETIAP AKUN. Mengapa? karena akan lebih mudah di hack kemudian akun yang telah dibuat akan hilang selamanya (selama tidak bisa menggunakan halaman lupa password).
Tetapi membuat password berbeda untuk setiap akun akan menambah panjang daftar password akun. Karena misalnya untuk password email, akun facebook, twitter, myspace, email kedua, email ketiga, akun forum di kaskus, akun forum lainnya dst. akan tidak efisien dan terkadang lupa. Meskipun sudah ada password-organizer tetapi malah akan ribet jika setiap membuka password harus membuka program password-organizer ini bukan?
Mulai tips saya:

  1. Buat sebuah master-password yang hanya anda ketahui, mudahnya gunakan bahasa Allay misal: buat nama sendiri sebagai password anda [cth: @nd1t4, r3f1, *@nd1t4*, 7u7um, @12m4n], atau tanggal lahir anda juga boleh [cth: 29/10/1991; 29okt'91]. Tips lainnya yaitu gunakan karakter lain selain A-z dan 0-9. Gunakan karakter yang ada di atas nomor seperti ~!@#$%^&*()_+. Dijamin password anda akan sulit untuk di hack, tetapi gampang diingat. Layaknya bahasa allay.

  2. Buat secondary-password yang sama dengan nama website akun kemudian nantinya akan disandingkan dengan master-password misal: untuk akun facebook dengan menyandingkan nama facebook di belakang atau di depan  master-password dengan atau tanpa karakter penghubung berupa spasi ( ), underscore (_), titik dua (:) dan dash(-) (usahakan konsisten mau menggunakan yang mana [cth: @nd1t4-facebook, @nd1t4-twitter, @nd1t4-gmail, @nd1t4-yahoo]

Cara ini sangat tepat bagi anda yang sering lupa dengan password anda sendiri, menggunakan password yang sama setiap akun, menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir. Jika mau menggunakan trik mengembalikan password yang terlupakan malah akan menjadi sesuatu yang merumitkan, kecuali anda senang melakukannya.

Semoga membantu,
Ditunggu komentarnya!

2 komentar:

  1. Hhahaha...ia yah, gak nyangka :D
    Wah..boleh dipraktekin nih, wkkakakkaa... :D

    BalasHapus