19/10/09

Belajar Matematika dengan ‘guru’?

Maksud dari judul diatas adalah, jika belajar tapi tanpa guru akan sulit jadinya dengan disuguhi beberapa masalah yang harus dieselesaikan. Terutama jika masalah tersebut mengandung variabel yang tidak bisa diselesaikan dengan kalkulator tentunya.
Saya menemukan (walaupun sudah banyak yang tau/saya memang baru pertama kali mempublikasikannya/sekedar mengingatkan) sebuah ‘guru’ yang bermanfaat bagi aktivitas belajar anda (terutama yang kuliah (itu saya) atau sekolah (terutama SMP dan SMA)). Layaknya seorang guru yang mengajari murid-muridnya, ‘guru’ yang saya temukan ini malah menyuruh saya untuk: “Ketikkan soalnya kemudian biar ‘saya’ yang kerjakan langkah demi langkah agar kamu mengerti, kemudian buat soal sendiri kamu kerjakan sendiri dan ‘saya’ bimbing kamu sampai akhir!”
Aneh kan ada guru yang seperti itu di dunia ini? Padahal memang tidak di dunia ini, tetapi di Komputer! Bukan secara online, secara forum ataupun secara bimbel online (yang sekarang sedang marak) tetapi melalui sebuah program yang dedesain sedemikian rupa sehingga interface/tampilan dari program tersebut menyerupai sebuah meja belajar. Itulah ‘guru’ yang saya maksud.
Agar lebih tidak penasaran saya masukkan beberapa screenshot dari program yang bernama “BAGATRIX” ini:
1. Algebra / aljabar







Pertama disuguhkan sebuah interface dengan toolbar yang membantu. Kemudian masukkan sebuah masalah.
Misalkan anda ingin mencari faktor dari suatu fungsi
Tuh kan ketemu
2. Precalculus / pembukaan kalkulusMisalkan mencari limit
3. Calculus / KalkulusMisalkan mencari integral tertentu4. Geometry / geometri
Untuk geometri tersedia 2 interfaceDrawing mode dan write modeMisalkan mencari volume silinder5. Graphing / menggambar grafikMisalkan mencari grafik f(x)=x4+2x3-3x2-4x+4 (yang tes unit barengan saya pasti udah hafal soal ini) 6. Trigonometry / trigonometriNah itu dia ‘guru’ nya. Beberapa bug(kesalahan) yang terjadi dari program ini adalah salah fungsi atau kita salah menuliskan soalnya. Saya tidak akan memberi tahu bagaimana caranya menggunakan program ini, karena sebenarnya tergantung dari anda dalam menggunankannya (males, karena akan sangat panjaaaaaaaaaannnnnnnnggggggg). Satu lagi kekurangan dari program ini yaitu, bahasa inggris semua makanya kuasai vocabulary anda/sekalian download kamus yang akan saya sediakan di akhir tulisan ini.
Spesifikasi minimum dan yang dibutuhkan dari program ini yaitu:

1. Sistem operasi windows XP/NT/2000/

2. Net.Framework 1.1 (download aja)

3. Resolusi layarnya 1280x960px(biar terlihat semuanya) di perbesar saja jika yang anda gunakan adalah 1024x768pxLink-link download
Saya sarankan pakai torrent saja! Atau download di link-link berikut

1. Net.Framework 1.1 download
2. Download Semua programnya lewat ziddu download

Suatu keunggulan dari program ini yaitu gratis! Buruan download nanti kehabisan(???)….
Dedicated to My Family, my teacher and all of my friends.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar